Keanggotaan

Dalam menu ini disampaikan informasi keanggotaan meliputi deskripsi keanggotaan, syarat pendaftaran, sanksi, prosedur peminjaman, koleksi yang tidak dapat dipinjam dan peraturan bagi pengunjung Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional

Standar Pelayanan

1. Dasar hukum

  1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
  2. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  3. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia;
  4. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
  5. Undang-Undang No 20 tahun 2014 mengenai Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2007 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Standardisasi Nasional.
  7. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012, Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
  8. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2001 Tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, Dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen;
  9. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  10. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik;
  11. Keputusan Ka BSN nomor 965/BSN-I/HK.35/05/2001 tentang Organisasi Badan Standardisasi Nasional;
  12. Peraturan Kepala Badan Standardisasi Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Pedoman Layanan Informasi Publik Badan Standardisasi Nasional;
  13. Peraturan Badan Standardisasi Nasional Nomor 4 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Badan Standardisasi Nasional Tahun 2015-2019.

2. Persyaratan layanan

Semua masyarakat baik dalam maupun luar negeri dapat memperoleh layanan informasi standardisasi dengan persyaratan:

  1. Pengguna yang datang langsung ke Perpustakaan wajib melakukan registrasi
  2. Pengguna layanan online, wajib mendaftar di website pemesanan standar online BSN
  3. Pembayaran dokumen dilakukan melalui Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI)
  4. Pengguna dengan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) tertentu antara lain: anggota Masyarakat Standardisasi Indonesia (MASTAN), anggota lembaga pendidikan, Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Agen, wajib melengkapi berkas lampiran seperti fotokopi/foto kartu anggota MASTAN, kartu pelajar/mahasiswa, sertifikat LPK,  Surat Keputusan sebagai agen, legalitas UKM.
  5. Permintaan pelayanan tatap muka dilakukan di jam kerja layanan dimulai pukul 08.00 s.d 15.00 WIB

3. Sistem, mekanisme, dan prosedur layanan

Sistem layanan permintaan dokumen SNI menggunakan sistem layanan tertutup yaitu pengguna tidak dapat mengakses langsung ke koleksi dokumen. Untuk menemukan informasi SNI yang dibutuhkan pengguna disediakan alat akses berupa senarai, katalog, dan alat akses elektronik Sistem Informasi Standardisasi Penilaian Kesesuaian (SISPK).

3.1 Layanan perpustakaan

       a. Layanan sirkulasi koleksi standar dan buku

  • Pengguna mencari koleksi melalui alat akses koleksi
  • Pengguna mengisi formulir peminjaman  koleksi
  • Pengguna menyerahkan formulir yang sudah diisi kepada petugas
  • Petugas mengambilkan koleksi sesuai permintaan
  • Petugas menyerahkan koleksi  yang diminta
  • Koleksi yang akan dikembalikan, dibawa dan diserahkan ke petugas perpustakaan untuk dicatat dalam sistem

       b. Layanan baca standar dan buku di tempat

  • Pengguna mencari nomor standar/buku melalui alat akses
  • Pengguna mengisi formulir permintaan dokumen standar/buku
  • Pengguna menyerahkan formulir yang sudah diisi kepada petugas
  • Petugas mengambilkan standar/buku sesuai permintaan
  • Petugas menyerahkan dokumen standar/buku yang diminta
  • Setelah selesai dibaca, pengguna mengembalikan dokumen standar/buku kepada petugas layanan

3.2 Layanan konsultasi

  • Pengguna datang ke LITe untuk berkonsultasi secara tatap muka
  • Pengguna mendapatkan layanan konsultasi sesuai dengan antrian
  • Pemberian konsultasi dilakukan di ruang layanan
  • Pengguna dapat melakukan konsultasi melalui sambungan telepon atau surat elektronik
  • Petugas mencatat data setiap pengguna yang meminta layanan informasi

3.3 Layanan penyediaan pembelian dokumen standar  

Mekanisme dan prosedur untuk layanan ini adalah sebagai berikut:

  1. Calon Pembeli Layanan datang langsung ke Perpustakaan BSN/ atau mengunjungi website pemesanan standar online di alamat: http://sni.bsn.go.id 
  2. Calon Pembeli Layanan mengakses langsung aplikasi Pemesanan Standar Online dan memilih dokumen SNI yang diperlukan atau mengisi form apabila menginginkan reproduksi standar  asing atau pembelian asli standar
  3. Daftar standar yang dipesan akan tercantum dalam rincian biaya yang dikeluarkan oleh aplikasi
  4. Rincian pemesanan standar non SNI hanya berlaku 2 minggu, apabila melewati batas waktu tersebut, pemesanan  dibatalkan dan  harus melakukan pemesanan ulang                                                               
  5. Apabila Pembeli layanan setuju dengan rincian biaya dalam pemesanan sesuai PP No. 62 Tahun 2007, Pembeli Layanan melakukan konfirmasi persetujuan pembayaran sekaligus permohonan kode biling
  6. Petugas layanan menerbitkan kode billing berupa 15 digit angka sebagai dasar pembayaran sesuai dengan surat penawaran yang telah disetujui.
  7. Setelah melakukan pembayaran, petugas layanan mencetak standar/ memesankan dokumen asli.
  8. Dokumen standar hasil proses reproduksi baik tercetak maupun elektronik (SNI/reproduksi standar non SNI/pembelian dokumen asli) diserahkan kepada pembeli langsung di Lite, atau melalui ekspedisi pengiriman, atau melalui email untuk pembelian SNI dalam bentuk elektronik.

4. Jangka waktu penyelesaian

  1. Permintaan cetakan standar (untuk satu judul standar) oleh pengguna yang datang ke Perpustakaan adalah 35 menit setelah bukti pembayaran diterima petugas sampai dengan penyerahan dokumen standar hasil cetak oleh petugas layanan.
  2. Setiap tambahan judul standar yang diminta oleh pengguna yang sama (pada saat yang sama) waktunya ditambah 15 menit untuk setiap judul
  3. SNI dalam format elektronik (PDF) akan dikirimkan dalam jangka waktu 1x24 jam hari kerja ke alamat email pembeli setelah bukti pembayaran diterima petugas . Apabila terpotong hari libur, maka efile dikirimkan di hari kerja berikutnya.
  4. Lamanya pengiriman dokumen standar tercetak menyesuaikan dengan ekspedisi pengiriman.
  5. Respon atau jawaban permintaan informasi yang ditujukan kepada Pusido melalui surat (baik surat biasa maupun elektronik) paling lambat 5 hari kerja.
  6. Jangka waktu peminjaman buku referensi ataupun dokumen SNI oleh pengguna internal BSN adalah 10 hari kerja.
  7. Layanan konsultasi di tempat dilakukan sesuai dengan nomor antrian sesuai jam layanan.
  8. Antrian konsultasi dan pemesanan standar terakhir diterima maksimal 30 menit sebelum jam layanan tutup

5. Biaya/tariff

Biaya layanan hanya diperuntukkan untuk layanan penjualan dokumen standar. Layanan konsultasi tidak dikenakan biaya. Adapun tarif/biaya layanan adalah sebagai berikut :

5.1 Biaya layanan penjualan dokumen standar terdiri dari:

  1. Tarif layanan penjualan standar ditetapkan sesuai dengan PP No. 62 Tahun 2007, mengenai Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak
  2. Ongkos kirim tidak termasuk dalam PP No. 62 Tahun 2007. Ongkos kirim mengacu kepada price list perusahaan jasa pengiriman. Besarnya biaya ditanggung oleh pembeli. Biaya administrasi (khusus pembelian standar asli atau terbitan dari luar negeri) sesuai dengan ketentuan pihak terkait (Bank, ekspedisi pengiriman, dan Badan Standar)

5.2 Layanan bagi pembeli dari luar negeri, tarif di konversi ke dalam Dollar Amerika, dengan menggunakan kurs jual pada saat transaksi.