Layanan

Memuat daftar layanan yang ada di Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional

BSN melalui Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi menyediakan jasa informasi standardisasi yang meliputi layanan perpustakaan dan layanan informasi bidang standardisasi, diantaranya informasi tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) dan regulasi teknis, standar internasional, mancanegara dan hal lainnya terkait standardisasi yang dapat memenuhi kebutuhan informasi di kalangan stakeholder dan masyarakat secara umum.

Bentuk layanan yang disediakan diantaranya adalah layanan dokumen SNI, standar internasional dan standar mancanegara. Untuk layanan tersebut dikenakan tarif yang diatur dalam PP No. 62 Tahun 2007 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain menjadi ISONET (ISO Information Network) Reference Point, BSN dalam rangka Persetujuan WTO tentang Hambatan Teknis terhadap Perdagangan (TBT-Technical Barrier to Trade) bertindak sebagai pelaksana Enquiry Point Indonesia.

Produk Pelayanan Layanan Informasi Standardisasi di Perpustakaan BSN (Layanan Informasi Terpadu)

Produk layanan Informasi Standardisasi adalah:

1. Penjualan dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI)

Penjualan dokumen SNI tersedia dalam format tercetak dan elektronik.

a. Format tercetak

  • Dokumen SNI memiliki sampul berwarna biru tanpa tanda air (watermark) pembeli. Apabila ada permintaan khusus, tanda air pembeli diperbolehkan.
  • Untuk SNI yang telah diabolisi, memiliki tanda air yang menyatakan dokumen telah diabolisi.
  • Tanda air pembeli berwarna hitam

b. Format elektronik

  • Format file adalah PDF
  • Memiliki pengamanan digital berupa password
  • Dokumen SNI memiliki cover warna putih dengan watermark pembeli.
  • Untuk SNI yang telah diabolisi, memiliki watermark yang menyatakan dokumen telah diabolisi
  • Watermark pembeli berwarna hitam

2. Penyediaan standar asing

Standar asing yang tersedia di PUSIDO adalah standar yang berasal dari Badan Standar yang telah berkerjasama dengan BSN.

a. Reproduksi standar asing

  • Dokumen standar yang disediakan hanya dalam bentuk tercetak
  • Dokumen memiliki watermark pembeli
  • Watermark pembeli berwarna hitam

b. Pembelian standar asing ke Badan Standar

  • Dokumen standar dipesan langsung ke Badan Standar terkait
  • Proses pemesanan indent selama 14 minggu

3. Layanan Konsultasi standardisasi

  • Layanan penelusuran standar
  • Layanan informasi akreditasi LPK dan sertifikasi SNI
  • Layanan informasi Pelatihan standardisasi
  • Layanan informasi Identification Issuer Number (IIN)

4. Layanan perpustakaan

  • Layanan sirkulasi koleksi perpustakaan
  • Layanan baca ditempat

Koleksi Perpustakaan BSN

Perpustakaan BSN memberikan layanan kepada penggunanya berupa :

  1. Layanan peminjaman koleksi hanya untuk internal BSN
  2. Layanan baca ditempat bagi pengguna umum
  3. Penyediaan dokumen standar, antara lain: SNI, ISO, IEC dan ASTM serta pemesanan standar asing lainnya
  4. Layanan fotokopi koleksi referensi

Perpustakaan BSN memiliki koleksi dokumen standar maupun referensi berkaitan dengan standardisasi, yaitu:

  • Koleksi Dokumen Standar

Perpustakaan BSN menyediakan koleksi dokumen standar, khususnya SNI dan beberapa standar internasional seperti ISO, IEC, ASTM dan ASME. Dokumen standar tersebut hanya dapat dibaca di tempat (di Perpustakaan BSN).

  • Koleksi Buku Teks dan Referensi

Perpustakaan BSN memiliki koleksi referensi dan buku teks berjumlah lebih dari 3.500 judul yang terdiri atas berbagai subjek, mulai dari  manajemen, bisnis, ekonomi dan hukum terkait dengan standardisasi dan penilaian kesesuaian, serta buku-buku bacaan ringan (fiksi dan non-fiksi).


Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas layanan

Sarana yang tersedia untuk melayani publik terkait informasi, reproduksi dan layanan-layanan lain di bidang standardisasi adalah:

  1. Komputer
  2. Mesin pencetak (printer)
  3. Mesin jilid
  4. Mesin potong
  5. Mesin fotokopi
  6. Jaringan internet
  7. Telepon / hotline
  8. Koleksi standar (SNI dan standar asing lainnya)
  9. Buku referensi
  10. Koran

Sementara fasilitas yang disediakan di ruang Layanan Informasi Terpadu antara lain:

  1. Ruang tunggu
  2. Ruang baca ditempat
  3. Ruang rapat
  4. Pendingin ruangan
  5. Televisi
  6. Minuman
  7. Wifi
  8. Kursi roda
  9. Display produk-produk bertanda SNI
  10. CCTV
  11. Toilet disability
  12. Tempat shalat
  13. Papan  informasi elektronik

Semua fasilitas dipastikan berfungsi dengan baik, terawat kerapihan dan kebersihannya. 


Penyampaian pengaduan, saran, masukan

Pelanggan dapat menyampaikan pengaduan atas ketidakpuasan layanan melalui sistem pengaduan masyarakat (Sipmas) via hotline (021-392-7422), email (bsn@bsn.go.id), whatsapp (08138022930) dan aplikasi e-sipmas (sipmas.bsn.go.id). Pengaduan juga dapat disampaikan langsung di LITe dengan mengisi formulir dan menyerahkan kepada petugas LITe, atau melalui email ke dokinfo@bsn.go.id

Pelanggan yang ingin memberikan saran dan masukan, dapat melakukannya dengan mengisi kotak saran/masukan di buku tamu ketika check out. Buku tamu juga memberikan fasilitas bagi pelanggan untuk memberikan penilaian terhadap layanan, dengan memilih: “PUAS” atau “TIDAK PUAS”.

Penanganan pengaduan

Semua pengaduan, saran dan masukan akan diolah dan dianalisis oleh Subbidang terkait. Tindakan yang merupakan respon langsung kepada pelanggan akan segera dilakukan oleh petugas dengan berkonsultasi kepada Kepala Subbidang terkait. Tindakan korektif yang memerlukan persetujuan pimpinan akan dibawa ke rapat khusus PUSIDO untuk mendapatkan saran dan persetujuan pimpinan tingkat eselon II. Tindakan penyelesaian dilakukan oleh pimpinan eselon II dengan tembusan kepada pejabat eselon I sebagai laporan. Apabila tindakan korektif tersebut memerlukan persetujuan eselon I atau Kepala BSN, maka persoalan tersebut akan dibawa ke rapat pimpinan tingkat II (Rapim II).

Secara rinci prosedur penanganan pengaduan di PUSIDO BSN dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Pelanggan atau pengguna informasi standardisasi memberikan pengaduan ke Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN melalui media pengaduan. Pengaduan yang ditindaklanjuti adalah yang mencantumkan kelengkapan identitas.
  2. Pengaduan melalui sistem Sipmas mengikuti prosedur Sipmas yang dikelola oleh Inspektorat BSN.
  3. Pengaduan pelanggan yang datang langsung ke LITe harus mengisi formulir pengaduan (sesuai Sistem Manajemen Mutu (SMM) BSN.
  4. Pengaduan secara langsung di LITe akan dijawab secara langsung kepada yang bersangkutan.
  5. Semua pengaduan dicatat oleh petugas terkait (bidang Perpustakaan atau Pendayagunaan Informasi Standardisasi) kedalam formulir rekap pengaduan (SMM), kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenis keluhan dan pihak yang berwenang menyelesaikan oleh Kepala Bidang
  6. Apabila pengaduan tergolong dalam kategori pengaduan ringan, maka petugas layanan dengan berkonsultasi dengan Kasubbag Perpustakaan (bila dibutuhkan) akan menjawab/menyelesaikan secara langsung.
  7. Apabila pengaduan tergolong dalam kategori Sedang, maka masalah-masalah yang ada perlu dikoordinasikan dengan Kepala Bidang yang bersangkutan dan Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi BSN. Hasil keputusan dari koordinasi akan disampaikan kepada yang bersangkutan.
  8. Apabila pengaduan tergolong dalam kategori berat, maka masalah-masalah yang ada akan dikoordinasikan/dilaporkan Kepada Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi untuk mendapatkan arahan dalam penanganan pengaduan tersebut. Hasil Koordinasi dan arahan Deputi IPS akan disampaikan secara langsung kepada yang bersangkutan.
  9. Petugas layanan akan merekap pengaduan sesuai formulir (SMM) dengan melengkapi tindaklanjut penyelesaian. Hasil rekap dilaporkan kepada Kepada Bidang terkait untuk dievaluasi setiap Triwulan. Rekap yang telah dievaluasi dilaporkan kepada Kepala Pusat sebagai data dukung Penilaian kinerja.
  10. Hasil dari evaluasi pengaduan ditindaklanjuti dengan tindakan korektif dan preventif/perencanaan di tahun berikutnya.

Target penyelesaian pengaduan dalam 1 (satu) tahun sesuai dengan penetapan kinerja (PK) BSN yang telah disepakati setiap tahunnya.


Indeks Kepuasan Pelanggan/Masyarakat (IKP/IKM)