Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Empat Trend Inovasi Teknologi Digital pada Tahun 2018

Oleh Muhammad Bahrudin —

Inovasi yang tidak pernah berhenti, khususnya pada era teknologi internet membuat segala sesuatunya terus berevolusi mengikuti perkembangan manusia. Semakin tinggi tingkat kecerdasan manusia, inovasi yang dihasilkanpun akan semakin beragam. Begitupula dengan inovasi teknologi yang diprediksi akan terjadi pada tahun ini.

Meski prediksi ini belum dapat dipastikan akan terjadi, setidaknya dari prediksi ini dapat menjadi gambaran seperti apa strategi perusahaan yang akan Anda ambil sepanjang tahun 2018 ini. Senantiasa sebuah perusahaan harus tetap update dengan perkembangan kondisi yang terjadi, agar selaras dengan hal itu kinerja perusahaan dapat terus ditingkatkan.

1. AI dan ML semakin menginspirasi

Perusahaan semakin sadar akan pentingnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan Machine Learning (ML) untuk mendapatkan inspirasi bisnis. Kehadiran AI dan ML membantu perusahaan mengumpulkan data, lalu menganalisa data pelanggan tidak terstruktur seperti email, riwayat telepon, hingga postingan media sosial untuk meramu informasi baru.

Sederhananya, Articificial Intelligence (AI) adalah cara menjadikan komputer bisa berpikir cerdas melampaui kemampuan manusia. Sementara Machine Learning adalah teknik AI yang berkaitan dengan pembelajaran data dan menggunakannya untuk prediksi informasi yang ada di dunia.

Seluruh data yang dihimpun oleh AI dan ML dapat menjadi informasi baru sebagai bahan dasar pemikiran saat perusahaan ingin membuat produk baru atau membuat strategi pemasaran. Sebab pada akhirnya, teknologi AI dan ML ini dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement antara perusahaan dengan para konsumennya, termasuk upaya meningkatkan daya saing di pasaran.

Sebagai contoh, dalam situs e-commerce biasanya dihadirkan fitur re-order. Fitur ini berguna untuk konsumen agar mereka tidak perlu mencari ulang produk yang sudah mereka beli sebelumnya. Ini terjadi karena perusahaan dari situs tersebut telah memanfaatkan AI dan ML yang dapat merekomendasikan barang sejenis dari merek lainnya. Teknologi ini memanfaatkan riwayat transaksi konsumen sebelumnya.

2. VR dan AR semakin dikenal

Pendekatan strategi pemasaran dengan memanfaatkan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) akan semakin agresif diterapkan oleh berbagai perusahaan pada tahun ini. Saat ini industri yang memanfaatkan teknologi VR/AR memang masih terbatas, sebagian besar untuk industri hiburan seperti game.

Ke depannya, akan semakin banyak industri yang melirik potensi yang ditawarkan dari VR/AR seiring teknologi yang ditawarkan semakin canggih. Di luar untuk hiburan, VR dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan medis dan kedokteran untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh, mendiagnosa penyakit, teknik perawatan pasien yang lebih tepat, dan lainnya. Di samping itu, VR dapat digunakan juga untuk kemiliteran, transportasi, otomotif, display barang, dan lain sebagainya.

 

3. Produk konsumer semakin user-friendly

Saat ini produk konsumer seperti smartphone tidak lagi kaku persegi panjang dengan ujung yang tajam, melainkan lebih lembut dengan ujung yang tumpul. Bahkan produsen smartphone kini mulai melirik layar bazel less, sehingga lebih memanjakan mata konsumennya. Tren tersebut akan terus berlanjut sampai tahun ini. Salah satu alasan kuatnya karena teknologi mulai memainkan perannya agar lebih terhubung dengan kehidupan sehari-hari penggunanya.

Kendati demikian, pemanfaatan teknologi seperti ini tentunya akan membuat harga perangkat keras jadi lebih mahal karena semakin canggih. Akan tetapi, pada akhirnya keputusan terakhir akan tetap berada di masing-masing konsumen produk seperti apa yang cocok dengan gaya pribadi mereka.

Tak hanya itu, tren produk konsumer ke depannya akan semakin mempermudah semua orang untuk memilikinya. Contohnya, terlihat dari produk laptop khusus yang telah hadir untuk anak sekolah, para penyandang disabilitas, dan lain sebagainya.

4. Perusahaan terus perkuat keamanan IT

Perkembangan internet yang pesat, sangat berkaitan erat dengan serangan sibernya. Beberapa waktu lalu, perusahaan masih fokus pada menciptakan keamanan yang sempurna. perlindungan keamanan. Namun hari ini, keamanan tidak lagi dipandang sebagai suatu unsur yang hanya dipikirkan sekali atau dua kali saja, tapi menjadi sesuatu yang harus selalu ada dan melekat. Apalagi bisnis yang dijalankan bergerak di sektor teknologi.

Pada tahun ini perusahaan akan fokus untuk mendapatkan keamanan setinggi mungkin, untuk mencegah segala kemungkinan serangan dan ancaman. Perusahaan akan terus mengevaluasi sistem keamanan yang telah mereka terapkan, dengan terus meningkatkan postur resikonya.

Lewat latihan pengamanan yang terus menerus ini, perusahaan akan semakin cepat tanggap dalam merespons setiap ancaman siber, sesuai dengan pengalaman yang telah dipelajari sebelumnya.

Dengan banyaknya ketidakstabilan struktur keamanan yang kerap dihadapi perusahaan, mulai dari serangan siber, bencana alam, kegagalan vendor, kesalahan manusia, dan lainnya, maka perusahaan harus bekerja keras dengan secara terus menerus melakukan perbaikan terhadap produktivitas, diferensiasi, dan ketahanan bisnis itu sendiri.

Keempat prediksi di atas baru sebagian kecil dari sekian banyaknya tren inovasi teknologi digital yang kemungkinan bakal terjadi pada tahun ini, Pastikan perusahaan tetap sejalan dengan teknologi terkini agar tetap bisa bersaing di pasaran.


Sumber: https://indosatooredoo.com/id/business/insight/empat-trend-inovasi-teknologi-digital-pada-tahun-2018

Sumber: http://www.businessinsider.sg/tech-trends-that-will-define-2018-2017-12/?r=US&IR=T