Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Pengusaha Sukses Ini Habiskan Waktu 10 Jam Sehari untuk Membaca Buku

Oleh Muhammad Bahrudin —

Pengusaha sukses Elon Musk, Co-founder dan CEO Tesla mengatakan bahwa selain dibesarkan oleh orangtuanya, ia “dibesarkan” oleh buku.

Membaca buku memiliki banyak manfaat. Selain membuka wawasan, membaca buku juga mendatangkan inspirasi dan membantu kita berpikir terbuka hingga mengantarkan kita pada kesuksesan.

Steve Siebold telah mewawancarai 1.200 orang kaya di dunia selama lebih dari 30 tahun dan ia menemukan satu persamaan di antara mereka, yakni mereka hobi membaca. Dalam bukunya How Rich People Think (2010), Siebold menulis bahwa ketika kamu masuk ke dalam rumah orang kaya, hal pertama yang pasti akan kamu lihat adalah perpustakaan yang penuh dengan buku. Mereka banyak membaca buku untuk mengedukasi diri mereka tentang bagaimana menjadi orang yang lebih sukses.

Salah satu pengusaha sukses yang suka membaca buku Elon Musk. Bahkan ia menghabiskan banyak waktu untuk membaca buku sejak ia kecil dan memetik pelajaran dari buku yang ia baca.

“Saya tidak diasuh oleh pengasuh. Hanya ada asisten rumah tangga yang memastikan saya tidak merusak apa pun di rumah saat masih kecil,” ungkapnya. Ia mengatakan telah membaca Encyclopedia Britannica pada umur 9 tahun dan membaca novel fiksi ilmiah lebih dari 10 jam sehari.

Mengapa ia menghabiskan waktu sebanyak itu untuk membaca? Karena ternyata baginya beberapa buku yang ia baca memberikan inspirasi untuk kariernya dan memberika gambaran padanya tentang dunia yang ideal. “Pelajaran yang saya petik dari karyanya Isaac Asimov, seorang penulis fiksi ilmiah, adalah kamu harus mencoba mengambil tindakan yang memungkinkan memperpanjang peradaban dan zaman pencerahan, serta memusnahkan zaman kegelapan,” ujarnya.

Membaca berkontribusi banyak pada cara berpikir Elon yang seorang introvert. Hal ini dikatakan oleh ayahnya Errol Musk. “Elon selalu menjadi pemikir yang inrtovert. Ketika orang-orang pergi ke pesta untuk minum-minum dan ngobrol tentang segala macam hal seperti sepak bola atau olahraga, kamu akan menemukan Elon di perpustakaan tempat pesta itu diadakan dan memeriksa buku-buku yang dipunya si pemilik rumah.”

Tidak semua orang sanggup membaca buku berjam-jam. Tetapi, banyak pengusaha sukses yang menjadikan kegiatan membaca buku sebagai bagian dari rutinitas harian mereka. Membaca membantu mendatangkan inspirasi. Banyak orang sukses membaca secara spesifik buku-buku biografi dan autobiografi orang sukses lainnya untuk mendapatkan petunjuk dan arahan dalam perkembangan karier mereka.

Membaca buku juga bermanfaat untuk kesehatan. Karena membaca telah terbukti dapat mencegah depresi dan menghilangkan stres. Kamu tidak perlu membaca hingga 10 jam sehari seperti yang dilakukan Elon, cukup satu jam saja, itu sudah cukup mendatangkan banyak manfaat. Tertarik untuk memulainya, Hitsssters?


Sumber: https://www.hitsss.com/pengusaha-sukses-membaca-buku/