Tugas & Fungsi

Menjelaskan mengenai tugas Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional dalam melaksanakan pengelolaan perpustakaan di bidang administrasi perpustakaan dan pengembangan serta perawatan bahan pustaka

Profil PUSIDO

Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) mempunyai tugas pokok melaksanakan penyiapan rumusan kebijakan, pembinaan, koordinasi program dan penyusunan rencana di bidang informasi dan dokumentasi standardisasi guna mendukung capaian visi BSN. Untuk merealisasikan tugas pokok tersebut maka salah satu kegiatannya adalah melakukan pelayanan masyarakat (publik) dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi standardisasi, khususnya SNI. Layanan tersebut umumnya dalam hal penyediaan informasi standar berupa konsultasi dan penyediaan dokumen standar.

Dalam memberikan layanan tersebut dapat dilakukan secara off-line atau dengan cara online. Untuk layanan secara off-line, pengguna harus datang langsung ke Perpustakaan BSN untuk mendapatkan kebutuhan informasinya. Sedangkan untuk layanan online, pemakai pengguna dalam memperoleh informasi standar tidak harus datang ke Perpustakaan BSN, namun pengguna dapat memanfaatkan internet dan mengakses aplikasi pemesanan standar online ataupun menggunakan email. Semua layanan tersebut berada dalam satu pintu yang dinamakan Layanan Informasi Terpadu Standardisasi (LITe).

Visi

Visi BSN adalah “Terwujudnya infrastruktur mutu nasional yang handal untuk meningkatkan daya saing dan kualitas hidup bangsa”. Sedangkan Kedeputian Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi (IPS) menurunkan visi BSN tersebut menjadi sebagai berikut: “Meningkatkan budaya standar di masyarakat.”

Selanjutnya PUSIDO sebagai bagian integral dari Kedeputian IPS menurunkan lagi visi Kedeputian IPS menjadi sebagai berikut:

Menjadi pusat sumber informasi standardisasi  dan penilaian kesesuaian guna menumbuhkan budaya standar di masyarakat.

 

Misi

Sejalan dengan visi tersebut di atas, maka misi BSN adalah memberikan kontribusi nyata dalam melaksanakan kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian untuk mendukung pembangunan ekonomi yaitu:

  1. Menjamin digunakannya infrastruktur mutu yang handal di lingkungan NKRI.
  2. Meningkatnya Budaya Mutu di Masyarakat
  3. Memastikan terakomodasinya kepentingan Indonesia di forum Technical Barrier to Trade- World Trade Organization (TBT-WTO)

Sedangkan misi Kedeputian IPS adalah:

“Mengembangkan budaya standar, kompetensi dan sistem informasi di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian.”

Dengan memperhatikan misi Kedeputian IPS, maka misi PUSIDO adalah menunjang misi Kedeputian IPS yaitu;

Mengembangkan sistem informasi, menyediakan, mendayagunakan, serta menyebarluaskan data dan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian.

 

Dengan misi tersebut maka PUSIDO memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kualitas dan kuantitas data dan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian.
  2. Meningkatnya pemanfataan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian oleh pemangku kepentingan untuk mendukung kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian
  3. Meningkatnya kinerja infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung peningkatan akses informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian

 

Motto

Melayani permintaan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian dengan layanan berstandar.

Janji layanan PUSIDO adalah bertekad memberikan layanan informasi standardisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan, berkualitas prima dan dalam waktu yang cepat.