Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Tips Membangun Perpustakaan di Rumah

Oleh Diandra Nessia Alisty —

Bagi orang yang senang membaca, mempunyai perpusatakaan pribadi di rumah menjadi kepuasaan tersendiri. Mereka bisa mengoleksi buku dalam jumlah banyak dan membacanya kapan pun.

Dalam membuat perpustakaan rumah, yang diperlukan ialah perencanaan dan menyediakan ruangan yang cukup.
 
Ada empat panduan dalam membangun perpustakaan di rumah, sebagaimana dikutip Freshome berikut ini. 

1. Fokus pada Tampilan
 
Jika Anda seorang pembaca yang rajin, Anda kemungkinan menyimpan buku dalam kondisi yang kurang ideal. Supaya tertata lebih rapi, Anda harus memilih lokasi terbaik.
 
Jika membutuhkan lemari yang besar, Anda bisa berbagi ruang dengan ruang kerja atau ruang tamu formal. Anda bisa memanfaatkan sudut kecil dalam sebuah ruangan untuk dijadikan tempat penyimpanan buku.

2. Pengaturan Tempat Duduk

Mengatur tempat duduk yang tepat adalah bagian terpenting berikutnya. Usahakan mengatur tata letak senyaman mungkin agar ada ruang bebas dengan pembaca lain.

3. Pencahayaan
 
Pencahayaan menjadi elemen penting ketika ingin membuat perpustakaan di rumah. Mengatur skema pencahayaan dan jenis cahaya yang tepat sangat penting untuk memberikan kenyamanan membaca. Anda bisa melengkapinya dengan lampu meja untuk meningkatkan kenyamanan membaca.

4. Buat Senyaman Mungkin

Bagian terakhir untuk membuat perpustakaan rumah adalah kenyamanan. Meskipun ini bukan prinsip resmi dalam desain interior, poin ini menjadi sangat penting.
 
Agar membaca bisa betah berjam-jam, Anda bisa menggunakan karpet yang menghubungkan antar ruang. Kemudian, tambahkan beberapa bantal di setiap kursi atau sofa dalam pengaturan tempat duduk.