Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Hari Kunjung Perpustakaan Rangsang Budaya Literasi

Oleh Diandra Nessia Alisty —

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat kembali menyelenggarakan Hari Kunjung Perpustakaan pada 10 hingga 14 September 2019 lalu. Acara tahunan ini mulai digelar sejak 1995 lalu.

Peringatan dimeriahkan dengan berbagai lomba. Di antaranya foto, mewarnai, menggambar, menulis essai, reportase buku, reportase Bahasa Sunda, pameran buku murah, unjuk kabisa hingga workshop ibu mendongeng.

Tercatat ada 224 peserta tingkat TK, 146 SDN, 134 SMP, 72 peserta SMA, dan 90 peserta dari kalangan Mahasiswa dan umum.

Salah satu peserta Reportase Bahasa Sunda tingkat SMA/SMK yang mendapat berhasil menyabet Juara 1 kategori indivisi, Aldi renaldi, 16, mengaku, bersyukur karena telah menang dan juara.

Alhamdulillah bisa juara, tadinya gak mengharap juara, sudah menyerah. Saat mempersiapkan untuk unjuk kabisa silat, eh saya dikasi dikasih tahu kalau aku juara,” jelas siswa kelas 10 SMK 2 Baleendah itu.

Aldi mengatakan, menang pada Reportase Bahasa Sunda tingkat SMA/SMK dengan mengangkat tema tentang kehidupan laut.

”Aku judulnya kehidupan laut di Indonesia, karena suka tentang alam dan laut. Tidak ada persiapan khusus, butuh sehari untuk mempersiapkan tulisan,” jelasnya lagi.

Juara 2 Reportase Bahasa Sunda jatuh kepada SMK 2 Baleendah dalam kategori grup, yang diikuti Rexa Purnama, 15, Arfani Rahmasari, 15, Muhammad Aidil, 15, yang mengangkat tema Indonesia bagian dari dunia.

”Kami ingin mengetahui peran penting yang dilakukan bangsa Indonesia kepada dunia, seperti melakukan kerja sama antar negara ASEAN dan PBB,” ujar Rexa.

Sementara itu, Irma Dwi Mawarni, 24, guru bahasa Inggris dan Seksi Literasi di SMK 2 Baleendah itu mengaku, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Dispusipda Jawa Barat.

”Menurut saya menarik, bisa membangun kompetisi siswa dalam lomba yang diadakan, juga meningkatkan kreativitas dan potensi anak-anak,” tuturnya.

Irma berharap, prestasi dan pengalaman yang didapat oleh para siswanya bisa bermanfaat. Semoga ke depan, pengalaman yang didapat dalam lomba bisa bermanfaat.

 


Sumber: http://jabarekspres.com/2019/hari-kunjung-perpustakaan-rangsang-budaya-literasi/