Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Tingkatkan Minat Baca Anak, Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakpus Gelar Panggung Literasi

Oleh Diandra Nessia Alisty —

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Pusat bersama Komunitas Rupa Kata (Koruka), menggelar Panggung Literasi yang mengangkat tema 'Dari Buku Aku Berkarya'.

Kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan minat baca bagi anak-anak. Digelar di halaman Kantor Sudinpusip Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat dengan diikuti ribuan peserta.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta, Wahyu Haryadi mengatakan, Panggung Literasi merupakan salah satu rangkaian Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati pada 14 September.

Kegiatan tersebut juga dihelat sebagai momentum untuk meningkatkan minat baca bagi anak usia dini.

"Acara ini dimeriahkan berbagai pertunjukan, acara ini juga diisi kegiatan lokakarya (workshop) mural, puisi, teater dan resensi buku dengan menghadirkan para nara sumber profesional," kata Wahyu dalam acara tersebut.

"Kami kerjasama dengan komunitas, sanggar teater dan sejumlah sekolah di wilayah setempat. Jika djlihat dari jumlah peserta, mencapai seribuan, animo di acara ini cukup besar," katanya.

Sementara itu, Kepala Sudinpusip Jakarta Pusat, Meti Lastri berharap, berharap, acara tersebut bisa memunculkan animo masyarakat.

Terutama anak usia dini terhadap kegemaran membaca dan berkunjung ke perpustakaan.

"Kami ingin tingkatkan budaya baca kepada anak-anak usia dini," katanya.

Sedangkan, Ketua Panitia Panggung Literasi dari Koruka, Frans Eko Danto, mengungkapkan pihaknya berupaya meningkatkan minat dan bakat anak-anak di bidang seni dan budaya dari usia dini.

"Kami ingin tanamkan adalah kecintaan untuk membaca dan datang ke perpustakaan," jelasnya.

Acara tersebut, lanjutnya, terselenggara atas kolaborasi masyarakat, komunitas dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kami harap kolaborasi dengan pemerintah ini bisa merangsang minat baca pada anak-anak," jelasnya.

 


Sumber: https://wartakota.tribunnews.com/2019/09/14/tingkatkan-minat-baca-anak-sudin-perpustakaan-dan-kearsipan-jakpus-gelar-panggung-literasi