Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

7 Tips Untuk Membangun Kebiasaan Membaca Buku yang Konsisten

Oleh Diandra Nessia Alisty —
   32

Membaca akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan seperti berolahraga ketika Anda sudah terbiasa melakukannya. Pada awal memulainya, memang akan terasa berat dan sangat melelahkan. Anda mungkin saja akan cenderung menyerah dengan cepat. Tetapi jika Anda sudah terbiasa, membaca akan jadi lebih menyenangkan dan anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Mempertahankan kebiasaan membaca dapat mengurangi stres dan meningkatkan daya ingatan. Itu akan membantu melawan penurunan kemampuan otak. Simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan tips membangun kebiasaan membaca.

1. Tanyakan Kepada Diri Anda tentang Alasan Anda Membaca

Menuliskan alasan mengapa Anda membaca bisa membantu anda tetap pada kebiasaan yang baru diterapkan. Anda perlu menemukan alasan anda sendiri untuk membaca.

Ini dapat memastikan Anda untuk membentuk kebiasaan membaca yang sehat, agar tidak terpengaruh oleh prestasi membaca orang lain.

Jangan lupa untuk mengingatkan pada diri sendiri, mengapa Anda memulai kebiasaan membaca ini.

Hal ini akan membuat Anda konsisten melakukan kebiasaan membaca.

2. Biasakan Membaca

Keinginan untuk membaca lebih banyak adalah awal yang baik. Namun, sayangnya tidak cukup untuk membangun kebiasaan.

Membaca dengan lebih banyak bukan merupakan tujuan, tetapi niat. Jika Anda ingin membaca lebih banyak, maka anda harus mulai membiasakannya.

Jika Anda menambahkan kegiatan membaca sebagai rutinitas Anda, ini berarti Anda akan secara konsisten melakukan kegiatan tersebut karena terus melakukannya.

3. Tetapkan Tujuan Membaca Skala Harian

Tips ini lebih baik daripada menetapkan sasaran bacaan dalam skala bulanan. Kunci untuk mencapai tujuan membaca adalah dengan cara memecah kegiatan ini dalam jumlah kecil sesuai dengan kemampuan yang dapat Anda kelola.

Anda juga dapat menentukan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk membaca. Teknik ini kemungkinan besar akan membantu menciptakan kebiasaan membaca tanpa harus memikirkannya.

4. Ciptakan Lingkungan Membaca yang Bebas Gangguan

Lingkungan akan sangat mempengaruhi kegiatan membaca Anda. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan tenang agar anda dapat fokus membaca.

Atur ponsel Anda dalam mode senyap untuk menghindari gangguan dari notifikasi ponsel.

Jika dalam tempat keramaian, gunakan earphone agar tidak terganggu dengan suara disekitar Anda.

5. Mulailah Dengan Membaca Buku Pendek

Buku yang sangat tebal atau panjang biasanya dapat membuat lebih sulit dalam membentuk kebiasaan membaca.

Dengan buku yang tipis, Anda dapat menyelesaikan membaca buku tersebut dalam satu waktu.

Memulai dan menyelesaikan cerita merupakan awal yang bagus untuk kebiasaan membaca.

6. Nikmati Prosesnya

Membaca tidak harus menjadi kewajiban. Motivasi yang mendasar untuk membaca adalah kenikmatan.

Ketika kita memikirkan jika Anda mewajibkan menyelesaikan satu buku dalam satu waktu akan menjadi kurang menyenangkan dan membuat anda tertekan.

7. Ikuti Minat Anda

Bacalah buku sesuai dengan ketertarikan dan minat Anda. Anda tidak perlu untuk membaca buku yang tidak Anda sukai. Anda harus memiliki ketertarikan sejak awal.

Ini akan membantu Anda untuk menikmati proses dan tenggelam dalam alur cerita buku tersebut. Pada akhirnya akan membuat Anda terus membaca.

 

 


Sumber:  https://jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-15573969/7-tips-untuk-membangun-kebiasaan-membaca-buku-yang-konsisten?page=4

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.