Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Semangat Melindungi Bumi pada Peringatan Hari Standar Dunia 2020

Oleh Muhammad Bahrudin —
   68

Penerapan standar secara konsisten dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas manusia dan industrialisasi.

Hari Standar Dunia (World Standar Day) dirayakan secara internasional setiap tahun pada tanggal 14 Oktober. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesadaran di kalangan regulator, industri, dan konsumen tentang pentingnya standardisasi bagi ekonomi global.

Hari Standar Dunia pertama dirayakan pada tahun 1970. Namun, sejarah awal perayaan ini dimulai pada tahun 1946, ketika 25 negara berkumpul di London, Inggris membentuk organisasi internasional yang berfokus pada standardisasi, tepat 14 Oktober. Satu tahun kemudian ISO dibentuk secara resmi dan tanggal 14 Oktober dipilih sebagai Hari Standar Dunia.

Tema Hari Standar Dunia 2020 adalah "Protecting the Planet with Standards" atau terjemahan bebasnya dalam Bahasa Indonesia adalah "Melindungi Bumi dengan Standar". Penerapan standar secara konsisten dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas manusia dan industrialisasi. Selain itu, standar juga mendukung penggunaan kembali sumber daya yang terbatas secara bertanggung jawab dan peningkatan efisiensi energi.

Poster di atas adalah poster pemenang dari World Standards Day 2020 Poster Contest yang diadakan bulan Juli lalu. Pemenangnya yaitu Jyoti Bisht dari India. Karya anak Indonesia juga turut menjadi finalis, lho. Semoga tahun depan perwakilan Indonesia yang menjadi pemenangnya, ya.

Bulan Mutu Nasional 2020

Di seluruh dunia, berbagai kegiatan dilakukan oleh badan standar untuk merayakan Hari Standar Dunia. Di Indonesia, perayaan ini dilakukan dengan rangkaian acara Bulan Mutu Nasional (BMN) yang dimotori oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Pada tahun 2020 ini, BMN mengambil tema "Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian untuk Hidup Sehat dan Produktif".

BMN tahun 2020 ini akan dilaksanakan secara virtual, sesuai dengan arahan pemerintah dalam rangka mengurangi risiko penyebaran COVID-19. BMN ini akan diisi dengan  berbagai  kegiatan, di antaranya Seminar Nasional, Sosialisasi, Sarasehan, Workshop, Temu Teknis, Talkshow dan Pameran produk ber-SNI.

Selamat Hari Standar Dunia!

Salam #BanggaMemakaiSNI


Penulis: Muhammad Bahrudin

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.