Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

5 Perpustakaan Tertua di Dunia, Ada yang Didirikan Sebelum Masehi

Oleh Diandra Nessia Alisty —
   36

Perpustakaan adalah tempat yang kerap dikunjungi oleh para pecinta buku. Tak hanya itu, perpustakaan juga merupakan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas, skripsi, maupun bagi seseorang yang keheningan untuk mengerjakan sesuatu. Apakah detikers mengetahui nama-nama perpustakaan tertua dunia? Jika belum mengetahuinya, simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman DPKD Provinsi Kalimantan Timur:

Perpustakaan Tertua di Dunia

1. The Library of Aleksandria
Perpustakaan Aleksandria ini terletak di kota Aleksandria, Mesir. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar dan terpenting. Menurut sejarah perpustakaan ini adalah bagian dari sebuah lembaga penelitian besar Mouseion yang dipersembahkan untuk para dewi yang menyukai kesenian.

Perpustakaan Aleksandria dibangun dari gagasan Demetrios dari Faleron yang kemudian diusulkan kepada Raja Ptolemaios I Soter pada zaman Helenistik. Akan tetapi, perpustakaan ini baru dibangun setelah Raja Ptolemaios I Soter, yaitu oleh putranya Ptolemaios II Filadelfos. Perpustakaan ini berdiri pada 285-246 SM.

2. The Library of Pergamon
Perpustakaan Pergamon terletak di Pergamon, Turki dan merupakan perpustkaan nasional di kota tersebut. Menurut Plutarch, perpustakaan ini menyimpan hingga 200 ribu jilid buku. Perpustakaan ini dibangun pada abad ke 3 SM dan dibangun oleh Eumenes II antara tahun 220 dan 159 SM dan terletak di ujung utara Acropolis. Perpustakaan Pergamon adalah perpustakaan terbesar kedua setelah perpustakaan Aleksandria.

3. The Library of Celsus
Perpustakaan Celsus adalah perpustakaan yang selesai dibangun pada tahun 135 M. Perpustakaan ini terletak di Turki. Awal mulanya perpustakaan ini dibangun untuk menghormati Tiberius Julius Celsus Polemaeanus. Perpustakaan ini dibangun oleh anak dari Celsus sendiri, yaitu yaitu Gaius Julius Aquila Polemaeanus. Perpustakaan Celsus juga termasuk perpustakaan tertua dan terbesar ketiga di dunia. Di dalam perpustakaan Celsus juga terdapat bangunan makam monumental sebagai pernghargaan bagi Celsus.

4. The Imperial Library of Constantinople
Perpustakaan Kekaisaran Konstantinopel terletak di ibu kota Kekaisaran Bizantium. Perpustakaan ini didirikan oleh Konstantius II yang memerintah antara 337-361 M. Ia juga mendirikan Scriptorium sehingga karya sastra Yunani masih dapat disalin untuk pelestarian. Perpustakaan ini juga menyimpan karya sastra klasik Yunani.

5. Al-Qarawiyyin Library
Perpustakaan Al-Qarawiyyin adalah perpustakaan yang dibangun pada tahun 859 M. perpustakaan ini terletak di Fez, Maroko. Perpustakaan ini dicetuskan oleh Fatima El-Fihriyathe yang memutuskan membangun sebuah universitas dengan perpustakaannya sendiri, untuk dirinya sendiri dan para intelektualnya. Perpustakaan ini menyimpan beberapa teks tertua di dunia, termasuk Al-Qur'an abad ke 9 yang ditulis dalam Kufi pada kulit unta dan catatan kehidupan Nabi Muhammad abad ke-10.

Itulah daftar perpustakaan tertua di dunia. Detikers tertarik mengunjungi perpustakaan yang mana nih?


Sumber: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5820714/5-perpustakaan-tertua-di-dunia-ada-yang-didirikan-sebelum-masehi

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.