Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

7 Situs Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional Terpercaya

Oleh Diandra Nessia Alisty —
   43

Jurnal merupakan sumber utama yang digunakan dalam pembuatan sebuah karya ilmiah. Karena itu, pelajar, mahasiswa, dan dosen membutuhkan jurnal sebagai bahan bacaan. Tapi terkadang masih ada yang kesulitan mencari sumber jurnal. Jurnal sendiri bisa diakses di perpustakaan maupun di internet.
Kali ini Medcom.id akan membagikan tujuh situs untuk mencari jurnal nasional dan internasional terpercaya:

1. Garuda Ristek BRIN

Garba Rujukan Digital (Garuda) menyediakan banyak jurnal nasional. Terdapat pilihan subjek yang bisa dipilih sesuai dengan tema karya ilmiah yang dikerjakan.

Jurnal yang tersedia di Garuda banyak berasal dari perguruan tinggi. Tercatat ada 13 ribu jurnal yang di platform ini.

2. e-resource Perpusnas

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyediakan akses ke jurnal , e-book, dan karya-karya referensi online lain secara gratis. Untuk dapat mengaksesnya, Anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota Perpusnas.

3. Moraref Kemenag

Bagi yang membuat karya ilmiah dengan tema agama bisa mengakses situs Moraref Kemenag. Terdapat tiga ribu lebih jurnal yang bisa diakses secara gratis.

4. isjd.pdii.lipi.go.id

isjd.pdii.lipi.go.id merupakan direktori jurnal Indonesia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Situs ini berisi kumpulan jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia dan diserahkan ke PDII-LIPI untuk didiseminasikan.

5. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ merupakan penyedia akses ke jurnal berkualitas tinggi, akses terbuka, dan peer-review yang sudah dikurasi. Sehingga, jurnal yang tersedia telah terpercaya.
 
Platform ini menyediakan delapan bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Bagi Anda yang mencari jurnal nasional bisa menggunakan DOAJ sebagai sumber mencari jurnal.
 
Semua layanan DOAJ tidak dipungut biaya termasuk diindeks. Semua data tersedia secara gratis.

6. Google Scholar

Pertama ada Google Scholar, situs dari Google ini memudahkan dalam pembuatan karya ilmiah baik itu berupa makalah, skripsi, tesis, hingga disertasi. Jurnal-jurnal tersebut bisa diakses secara gratis.

7. Library Genesis

Bagi yang ingin mencari ebook bisa mengakses situs ini. Selain buku, tersedia juga jurnal dalam format PDF, mobi, hingga ePub.

Tips mencari sumber adalah memastikan memasukan kata kunci yang sesuai. Pasalnya, situs ini menampilkan artikel sesuai kata kunci.


Sumber: https://www.medcom.id/pendidikan/tips-pendidikan/8ko4pr5K-7-situs-jurnal-ilmiah-nasional-dan-internasional-terpercaya?p=all

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.