Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

5 Nutrisi yang Dibutuhkan saat Puasa agar Tetap Fit

Admin Diandra Nessia Alisty —
   35

Tubuh tidak mendapatkan asupan makanan seharian ketika sedang berpuasa. Bisa jadi tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang dapat memengaruhi kesehatan. Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh saat puasa. Dengan begitu, langkah untuk mengatur asupannya tercukupi bisa dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya!

Nutrisi yang Dibutuhkan saat Puasa yang Harus Dicukupi

Banyak orang yang memanfaatkan momen puasa untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Namun, selama berpuasa, tubuh kehilangan nutrisi tertentu. Bisa jadi, segala nutrisi yang hilang sangat penting untuk tubuh. Hal ini yang dapat membuat tubuh menjadi lemas dan lesu. Bahkan bisa saja penyakit menjadi lebih mudah untuk menyerang.

Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai nutrisi yang dibutuhkan saat puasa agar tetap aktif dan sehat. Berikut beberapa daftarnya:

1. Protein

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat puasa agar tetap sehat adalah protein. Nutrisi ini memiliki banyak manfaat, seperti mempercepat pembentukan jaringan otot dan memecah glikogen menjadi energi. Agar nutrisi ini tetap terjaga selama puasa, ada baiknya mengonsumsi telur, ayam, atau ikan saat sahur. Namun, kamu juga perlu menghindari garam agar tidak cepat haus.

2. Karbohidrat

Karbohidrat juga termasuk nutrisi yang dibutuhkan saat puasa. Zat ini merupakan sumber energi utama pada tubuh agar aktivitas tetap lancar. Saat tubuh kekurangan karbohidrat, tubuh dapat menjadi lesu dan kurang bergairah. Nah, salah satu cara agar tidak cepat lapar adalah dengan memilih menu sahur yang terdapat kandungan karbohidrat.

3. Serat

Tahukah kamu jika mengonsumsi makanan dengan serat dapat membuat kenyang lebih lama? Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan makanan yang dikonsumsi mengandung serat pada saat sahur dan berbuka. Sebab, serat dapat membantu untuk memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula.

Kamu bisa mendapatkan serat dari banyak jenis sayur-sayuran. Alternatif lainnya terdapat pada beberapa sumber karbohidrat, seperti beras merah, hitam, atau cokelat. Selain itu, serat juga penting untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, sehingga tubuh tetap sehat.

4. Zat Besi

Nutrisi yang dibutuhkan saat puasa lainnya adalah zat besi. Mineral ini dapat membantu untuk membangun sel darah merah, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan memastikan tubuh bekerja dengan efisien. Saat kekurangan zat besi, otot dan jaringan tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik dan tubuh kekurangan energi. Lebih fatal lagi, masalah sistem kekebalan atau pencernaan lebih rentan terjadi. Ada banyak jenis sayur dan buah yang kaya zat besi, seperti bayam, kangkung, dan jeruk.

5. Magnesium

Diketahui juga jika magnesium juga termasuk salah satu nutrisi yang perlu dicukupi selama berpuasa. Magnesium dapat membantu dalam menjaga fungsi neurologis utama dan memastikan sinyal dari tubuh sampai ke otak. Dengan memastikan asupan magnesium tercukupi, kelelahan dan kram pada tubuh dapat dicegah. Makanan sumber magnesium adalah kacang-kacangan, kedelai, biji gandum, susu, dan alpukat.

Itulah berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan saat puasa. Dengan memenuhi semua nutrisi tersebut, kamu dapat menjaga tubuh tetap mampu beraktivitas seperti biasa meskipun berpuasa. Pastikan semua nutrisi tersebut terdapat dalam pilihan menu makanan saat sahur dan berbuka setiap hari.


Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/5-nutrisi-yang-dibutuhkan-saat-puasa-agar-tetap-fit

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.