Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

4 Tips Memahami Buku dan Jurnal, Bikin Belajar Lebih Mudah

Admin Diandra Nessia Alisty —
   34

Sebagai mahasiswa tentu membaca menjadi salah satu tugas sehari-hari. Bacaan mahasiswa sendiri biasanya mencakup membaca jurnal, penelitian, dan buku.

Biasanya jurnal-jurnal penelitian tersebut juga menggunakan bahasa Inggris. Namun bahasa Inggris yang ada di dalam jurnal biasanya sulit dimengerti. Tidak hanya menggunakan bahasa Inggris bahkan jurnal berbahasa Indonesia pun juga sulit dimengerti.

Nah, agar mudah mengerti bacaan ternyata ada beberapa teknik membaca yang cukup populer dan memudahkan pembaca untuk memahami materi. Apa saja itu? Berikut penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram Ditjen Dikti.

4 Tips Membaca Efektif dan Memahami Materi

1. Previewing
Previewing adalah teknik membaca yang dilakukan dengan memahami karya tanpa membaca keseluruhan isi teks. Dengan teknik ini dapat menemukan bagian yang penting untung dibaca.

Cara melakukan teknik previewing adalah dengan:

  • Membaca judul
  • Membaca abstrak (jika ada)
  • Membaca kalimat utama pada setiap paragraf
  • Memperhatikan diagram, gambar, tabel, dan sebagainya

2. Skimming
Skimming adalah teknik membaca sejumlah kecil dari keseluruhan teks. Perbedaannya dengan previewing adalah teknik ini membaca isi teks.

Skimming bermanfaat untuk menemukan ide-ide pokok dengan cepat. Walaupun membaca dengan cepat, skimming harus dilakukan secara runut mulai dari abstrak hingga akhir halaman seperti kesimpulan.

3. Scanning
Scanning adalah teknik membaca sekilas. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran umum dan menemukan informasi tertentu.

Teknik membaca ini digunakan untuk menemukan detail spesifik pada topik untuk tugas tertentu. Kalian harus memindai teks untuk mencari kata kunci yang berhubungan dengan topik. Hal ini dilakukan dengan menelusuri halaman dalam judul bab atau sub-judul atau dalam teks itu sendiri.

4. Detailed Reading
Detailed reading adalah teknik membaca intensif dan berfokus pada bagian penting seperti bab utama, buku, puisi, dan halaman untuk memperoleh pemahaman sepenuhnya atas suatu bacaan.

Detailed reading atau membaca keseluruhan merupakan langkah terakhir setelah previewing, skimming, dan scanning. Kalian yang melakukan teknik ini harus membaca lebih dari sekali dan mencatat materi yang penting secara rinci.


Sumber: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6053623/4-tips-memahami-buku-dan-jurnal-bikin-belajar-lebih-mudah

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.