Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Manfaat Gemar Membaca bagi Anak, Biasakan Sejak Dini

Admin Diandra Nessia Alisty —
   22

Membaca memiliki banyak manfaat baik. Itulah mengapa, gemar membaca sebaiknya ditanamkan sedini mungkin, semenjak kanak-kanak. Dengan begitu, kebiasaan tersebut dapat bertahan saat dewasa kelak, dan bahkan menyertai di sepanjang perjalanan hidup.

Manfaat membaca di antaranya mengurangi gejala Depresi, mengurangi stres, meningkatkan empati, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan harapan hidup, dan lain sebagainya.

Hanya, belakangan ini kegiatan membaca banyak ditinggalkan. Alih-alih membaca, kini banyak yang lebih menyukai 'menonton'.

Mengingat manfaat baik dari membaca, khususnya manfaat membaca bagi anak, sebagai orang tua, Anda perlu menggalakkan kebiasaan satu ini kepada putra putri Anda.

Anda bisa mulai dengan membacakan buku cerita atau anak sekadar belajar membaca secara sederhana dan tidak bersifat memaksa.

Meski usia normal seorang anak untuk mampu membaca adalah sekitar usia enam, tahun, untuk menumbuhkan minat baca bisa dibiasakan sejak dini.

Berikut manfaat gemar membaca bagi anak, yang perlu diketahui orang tua, disadur dari Klikdokter, Rabu (11/5/2022).


Sumber: https://www.bola.com/ragam/read/4959612/manfaat-gemar-membaca-bagi-anak-biasakan-sejak-dini

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.