Berita

Menu ini memuat perkembangan kabar dan informasi terkini tentang Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional, ditulis untuk disampaikan kepada para pengunjung dan masyarakat umum

Ini 6 Cara Kembalikan Produktivitas Setelah Libur Lebaran

Admin Diandra Nessia Alisty —
   15

Libur lebaran sudah usai. Artinya, kamu harus kembali bekerja dan melakukan rutinitas sehari-hari seperti biasanya. Bangun pagi, berangkat bekerja, dan pulang lagi setelah sore menjelang. Bagaimana, sudah siap untuk kembali menjadi pribadi yang produktif esok hari?

Sayangnya, tidak semua orang mampu demikian. Libur lebaran yang panjang membuat tak sedikit orang terlena, terlalu lama bersantai dan melepas rutinitas, sehingga menjadi malas keesokan hari untuk beraktivitas. Hasilnya, tak sedikit pula orang yang mengajukan cuti tambahan, atau bekerja malas-malasan. Jangan seperti itu ya, yuk intip cara kembalikan produktivitas usai lebaran di si ini.

Tips Kembali Produktif Setelah Libur Lebaran

Memang tidak mudah untuk kembali semangat bekerja setelah libur lebaran yang panjang. Namun ingat, menjaga keseimbangan antara kerja dan liburan penting. Bagaimanapun juga kamu harus bekerja kan agar kamu bisa pergi liburan lagi selanjutnya. Jadi, jangan sampai rasa malas mengalahkan kamu, coba cara kembalikan produktivitas bekerja setelah libur lebaran berikut ini:

- Awali dengan Olahraga

Saat liburan kemarin, wajar jika kamu merasa malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga dapat membuat tenaga kembali pulih dan bersemangat untuk beraktivitas. Nah, supaya produktivitas kamu kembali, coba awali hari dengan berolahraga.

Bangun pagi, dan sambut segarnya udara yang bebas polusi. Lakukan jalan kaki berkeliling komplek perumahan atau taman, lari-lari kecil, bersepeda juga tak kalah menyenangkan. Kalau kamu punya waktu sedikit lebih luang, coba berenang dan lepaskan beban pikiran.

- Jangan Begadang

Besok kembali bekerja? Jangan tidur terlalu malam atau bahkan begadang. Sebelumnya, libur lebaran tidak mewajibkan kamu untuk bangun pagi, jadi kamu bebas tidur kapan saja, bahkan begadang hanya untuk terus mengobrol bersama keluarga dan sanak saudara. Sekarang, ketika kamu harus kembali produktif, istirahat menjadi hal yang penting. Jangan begadang jika tidak perlu, atau kamu akan terbangun dengan tubuh lelah keesokan harinya.

- Berangkat Lebih Pagi

Awali hari pertama kembali bekerja dengan berangkat atau tiba di kantor lebih pagi, setidaknya 20 menit lebih awal. Tidak ada salahnya, karena kamu bisa menggunakan waktu ini untuk kembali beradaptasi dengan lingkungan kantor yang telah lama ditinggalkan ketika liburan.  Kamu bisa juga membuka kembali folder pekerjaan, mencari tahu sampai mana pekerjaan terakhirmu sebelum liburan.

- Buat Rencana Kerja

Cara kembalikan produktivitas setelah libur lebaran lainnya adalah dengan membuat rencana kerja. Hari pertama pekerjaan terasa menumpuk? Tidak lagi jika kamu membuat rencana kerja dengan mengonsep pada skala prioritas. Ini akan membuat pekerjaan kamu lebih terukur, dan tugas dapat selesai satu per satu tanpa terasa membebani karena tenggat waktu yang ketat dan beban kerja yang terasa sangat menumpuk.

- Istirahat Sejenak

Fokus mengerjakan tugas dalam waktu yang lama mungkin akan terasa berat dan jenuh, apalagi setelah libur lebaran. Otak kamu mungkin masih berkeliaran ke memori selama liburan, sehingga hal itu bisa menurunkan produktivitas kamu. Untuk menyiasatinya, istirahatlah sejenak sekitar 2-5 menit untuk menyegarkan kembali otak kamu. Atur timer di handphone untuk mengingatkan kamu agar beristirahat sebentar. Nah, selama waktu istirahat itu, kamu bisa melatih pernapasan dalam, melakukan peregangan tubuh atau berjalan-jalan di sekitar kantor.

- Kapan Liburan Lagi?

Supaya hari pertamamu bekerja lebih bersemangat, coba pikirkan, ke mana kamu akan pergi pada liburan berikutnya? Kapan waktu yang tepat untuk mengambil cuti dan melakukan perjalanan lagi? Merencanakan liburan selanjutnya bisa membuat motivasi kamu dalam bekerja lebih meningkat. Bahkan, lebih baik lagi jika kamu membuat rencana liburan selama satu tahun, kamu bisa mengatur keuangan dan membagi pekerjaan.

Kembali produktif terkadang memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Namun, bukan berarti ini tidak mungkin, ya. Supaya lebih bersemangat, minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Badan yang segar dan bugar pasti membuat kamu lebih termotivasi untuk kembali menjadi pribadi yang siap untuk kembali produktif.


Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/ini-6-cara-kembalikan-produktivitas-setelah-libur-lebaran

© 2019 Perpustakaan BSN. All Rights Reserved.
Powered by SLiMS.